13 Jul 2008

Pantai Takisung

Takisung.. hore takisung… aq sekeluarga sabtu kemarin pergi ketaisung… sebuah objek wisata pantai di kalimantan selatan, tepatnya di pelaihari. Kebayang donk betapa indahnya pantai, diiringi deburan ombak di hamparan pasir putih serta banyaknya bule-bule berjemur setengah bugil.. hehe bo’ong cing..


Takisung ituh salah satu pantai wisata dengan pasirnya yang coklat seperti air lautnya, ditemanin banyak pasar-pasar yang menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, ampe terumbu karang yang dilindungi dan seperti biasa pantai takisung selalu ramai dikunjungi wisatawan (lokal tentunya). Yah.. setidaknya itu bayangan ku tentang takisung, sesuai terakhir kali aq kesana..


Yupz… perjalanan go to takisung beach pun berlangsung. Dengan kereta besi avanza, bokap menjadi pilotnya. Sedangkan aku duduk manis dikursi paling belakang, menjadi satu-satunya penumpang yang memakai sabung pengaman. Bukan patuh peraturan lalu-lintas, tapi lebih menghawatirkan kemampuan sang pilot mengemudi jarak jauh, hehe ^_^


Sampai di takisung ternyata banyak yang berubah. Pasar udah dipindah, gak menjadi satu dengan pantainya lagi, agak dipindah kepinggir. Alhasil pengunjung kalau mau ke pasar kudu berjalan lumayan memeras keringat. Tempat parkir pun sudah ditata lebih rapi, dahulu parkir hingga dipinggir jalan yang akhirnya bikin macet.. hemmm.. dalam hati berucap syukur, karena pantai takisung yang merupakan objek wisata pantai tertua di kalimantan selatan menurutku, udah tertata lebih rapi.


Tapi begitu menginjakkan kaki dipasirnya.. wwhhhaaatttt... dimana pantainya?? Pantainya menghilang, telah berubah menjadi pagar-pagar beton.. ternyata pantai takisung sudah mengalami abrasi, dan untuk mengcegah abrasi semakin parah, oleh pemerintah setempat pantai takisung dibikinkan siring dari batu... alhasil pantai takisung tidak memiliki lagi yang namanya hamparan pasir landai, serunya anak-anak berlari dipinggir pantai.. yang ada hanyalah tumpukan batu-batu penghalang ombak plus kambing yang hilir mudik. Mana pasir landainya?? Ini bukan pantai menurutku.. alhasil kami sekeluarga hanya duduk-duduk saja di bawah pohon kelapa sambil berdoa semoga kelapanya tidak jatuh menimpa.. ^_^



hamparan pasirnya telah berubah menjadi hamparan batu



ini nich gambar siring batunya dari dekat.. awas jatuh ding..



walau pantai sudah disiring, wisatawan tetep antusias nyebur ke air, awas kena batu loch..



sudut pandang lain dari bebatuan, banyak sampah juga..



uppss.... ada kambing juga loh berkeliaran, ada warna coklat, item ama belang2... ada yang mau kambing guling??? hehe..



4 komentar:

amy c1c104013 mengatakan...

pantainya emang udah jelek sie. makanya kalo punya tempat wisata tuh dijaga, kritik buat pemerintah juga nie.. hehe (drpd g ad yg d tulis)

Freedom mengatakan...

JAMBRET LHU JNGAN HNA PANTAI GUE LHO....! AWAS LOW KEPANTAI TAKSUNG LGE GUE CEGAT LHO..........!

eSpaNas mengatakan...

toex FREEDOM :
takisung juga pantai GUE. gak ada maksud menghina. posting ini semata-mata untuk menggugah semua pihak terutama pejabat-pejabat terkait untuk lebih memperhatikan objek wisata di kalimantan selatan, terutama Takisung.
wasalam.. ttd Admin.

santang mengatakan...

aq jg da bwt blog ttg prjlnan k bjm. tp ko ga bsa dpt y klo q cri blog q lwt google. klo pny km bsa dcri lwt google gne gmn crny?? mslny ketik keyword takisung lgsg dpt blog km..ajarin dongggg....plisss.....